Apa Perbedaan antara Desainer UI dan UX?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Perbedaan UI UX | Featured

Dari penamaannya, desainer UI adalah orang yang bertanggung jawab menata bagaimana tampilan dari sebuah produk, sedangkan desainer UX mengatur interaksi antara pengguna dan produk. Kedua istilah yang kerap berjalan bersama-sama ini membuat banyak orang menganggap bahwa mereka adalah suatu hal yang sama. Padahal sejatinya, mereka adalah dua hal yang berbeda.

Bagi kamu yang mungkin baru mendalami dunia desain, istilah-istilah ini bisa saja terdengar asing di telingamu. Namun jangan khawatir, lewat artikel ini, saya akan menjelaskan secara singkat apa yang disebut dengan desainer UI dan UX.

Bermula dari interaksi manusia dan komputer

Meski berbeda secara mendasar, dalam prakteknya keduanya memang tidak bisa dipisahkan. Sebelum membahas soal perbedaan mereka lebih lanjut, terlebih dahulu kamu harus mengetahui apa yang membuat mereka sangat berkaitan. Ini berhubungan dengan sesuatu yang disebut dengan human computer interaction atau HCI.

HCI merupakan ilmu yang membahas bagaimana komputer dan manusia bisa terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Ilmu ini mempelajari bagaimana perilaku manusia membentuk keyboard, mouse, serta perangkat lain yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan komputer modern. Lebih jauh lagi, HCI mempelajari psikologi serta kultur masyarakat yang bisa mempengaruhi di mana sebuah ikon seharusnya diletakkan, warna apa yang bisa digunakan, dan sebagainya.

Sejak awal kehadiran komputer sebesar lemari yang kemudian terus berevolusi hingga muat di kantong celanamu, interaksi manusia dan komputer turut mengalami perkembangan. Di sinilah  pentingnya peranan desainer UI dan UX untuk selalu menjaga harmonisasi interaksi manusia dan komputer.

Perbedaan UI UX | Image 1
Ilustrasi interaksi manusia dan komputer oleh Raul Gil

Serupa tapi tak sama

Desainer UI fokus menata produk dengan pendekatan visual, mulai dari grafis, layout, warna, ikon, hingga tipografi. Desainer UI adalah mereka yang biasa disebut sebagai desainer grafis. Di sini lain, desainer UX memiliki tanggung jawab untuk mengatur sisi fungsional serta interaksi sebuah produk.

Jika diibaratkan seperti membangun sebuah kapal, seorang desainer UI memastikan bagaimana sebuah kapal agar tidak hanya terlihat cantik dan sedap dipandang, namun ia harus memastikan bahwa kapal tersebut harus terlihat dan terasa seperti kapal yang familier bagi penumpangnya. Sedangkan desainer UX harus berusaha memikirkan bagaimana kapal tersebut bisa melepas jangkar, berlayar, dan yang paling penting, tetap mengapung sampai tujuan.

Yang harus kamu persiapkan

Dari penjelasan di atas, tentu banyak hal yang harus dipelajari guna menjadi seorang desainer UI dan UX. Seorang desainer UI wajib memiliki kemampuan dasar desain seperti menggambar vektor dan memproses gambar yang tentu saja memerlukan pemahaman tentang penggunaan tool seperti Adobe Creative Suite dan semacamnya. Desainer UI juga harus menguasai ilmu seperti teori warna, grid dan layout, tipografi serta tren visual terkini.

Berbeda dengan desainer UI yang mengandalkan kemampuan teknis, desainer UX merupakan pekerjaan yang mengedepankan kemampuan soft skill. Mereka harus menguasai kemampuan seperti bagaimana cara membangun persona pengguna, membuat prototipe dan wireframe, hingga melakukan A/B testing demi memastikan seluruh alur interaksi pengguna berjalan dengan lancar.

Sumber:

https://careerfoundry.com/en/blog/ux-design/the-difference-between-ux-and-ui-design-a-laymans-guide/

https://medium.com/surabayadev/apa-sih-perbedaanya-ui-ux-sharing-pengalaman-pribadi-tentang-pertama-kali-belajar-ui-ux-design-ed61e183cab1

https://www.interaction-design.org/literature/topics/human-computer-interaction

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kelas Online Ilustrasi Flat Design dengan Figma

Kelas Figma Batch #1 akan diadakan secara online pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 secara virtual dengan Google Meet. Kelas terbatas untuk 20 orang saja

© 2020 vektoria.id - All Rights Reserved.