fbpx

Cara Mudah Menemukan Inspirasi Menggambar Ilustrasi Flat Design

ilustrasi istri dari masa depan
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau kamu menikmati banyak karya ilustrasi flat design di Dribbble, Pinterest, Instagram, dan sebagainya, kamu mungkin bertanya-tanya, gimana ya cara para desainer dan ilustrator ini mendapatkan inspirasi menggambar sampai bisa bikin ilustrasi yang keren?

Tentu saja, karya-karya yang mereka buat tidak langsung muncul dari balik saku seperti pesulap. Ada proses yang harus dilalui, dari pembentukan ide, sampai karya tersebut bisa dinikmati oleh semua orang.

Khusus di artikel ini, kita mau membahas konsepsi dan pembentukan ide.

pembentukan ide ilustrasi vektor

Saya punya kabar buruk; nothing new under the sun. Ilustrator keren yang kamu lihat karyanya di internet, sedikit besar karya mereka dipengaruhi dari karya orang lain. Tapi kabar baiknya, kita tidak perlu jadi orisinal untuk punya ide yang keren dan disukai orang. Kabar baik lainnya, ide itu bisa datang dari berbagai hal yang kita rasakan.

Pertama, ide itu bisa datang dari kegiatan favorit yang sedang kita kerjakan atau hal-hal lain yang kamu sukai. Bisa dari film, lagu favorit, dan lain-lain. Misalnya kamu menggemari suatu film, kamu bisa saja terinspirasi dari suatu adegan dari film yang kamu suka banget.

Contoh mengambil inspirasi menggambar dari hal yang disukai, kami di Vektoria pernah lho bikin Gambaria Challenge beberapa waktu yang lalu.

Brief yang kami ambil cukup simpel: gambar adegan dari film romantis favorit. Ekky coba mengambil inspirasi dari film favoritnya, When Harry Meets Sally, sedangkan Kenneth mengambil adegan di dalam web series Sore: Istri Dari Masa Depan. Kamu bisa melihat hasil karyanya di video di atas.

Cara kedua, kamu bisa mendapatkan inspirasi menggambar dari perasaan yang kamu rasakan sendiri. Perasaan senang, sedih, dan lain-lain. Biasanya, kamu bisa menggambar pengalaman dan aktivitas menyenangkan yang mungkin baru kamu lakukan. Atau bisa juga menggambar soal kesedihan kamu harus WFH di rumah dan gak bisa ketemu temen-temen. Bebas!

Cara ketiga, kamu bisa dapat inspirasi menggambar dari gagasan atau hasil dari berandai-andai. Pastinya, kita sering melamun tentang banyak hal. Misalnya kayak gimana ya kalau manusia tinggal di Mars? Semakin gagasan kamu imajinatif dan liar, kamu bisa menghasilkan inspirasi berkarya yang semakin unik!

Nah, yang terakhir, inspirasi menggambar bisa banget datang dari keresahan terhadap masalah yang kita lihat di sekitar. Tentunya karena masalah tidak bakal habis, masalah bisa jadi sumber inspirasi yang keren juga!

Biasanya kamu bisa melihat ilustrasi semacam ini bisa kamu lihat di ilustrasi editorial yang berupa kritik terhadap pemerintah, isu lingkungan, dan sebagainya.

Nah, gimana? Udah kebayangkan? Kalau idenya udah ada, tinggal bagaimana kamu menuangkannya menjadi karya deh. Kalau kamu mau belajar gambar ilustrasi flat design dengan pendekatan profesional yang tepat, yuk cek kelas online dari Vektoria. Kelasnya pakai format modul video yang bisa diakses kapan aja lho. Kami tunggu ya!

Pengen jago gambar ilustrasi flat design? Yuk belajar bareng Vektoria!

Belajar pemahaman dasar aplikasi desain grafis, sampe mulai menggambar ilustrasi pertama kamu, semua diajarin di kelas online Vektoria.

BELAJARKUY

Gunakan voucher di atas pada saat checkout dan dapatkan diskon tambahan Rp100 ribu untuk pembelian kelas pertamamu di Vektoria.